Bermain Busa, Media Belajar Balita

Bermain busa, media belajar balita

Bermain busa ternyata bisa jadi media belajar buat anak, bahkan anak yang masih berusia 1 tahunan saja bisa belajar dengan busa sabun. Tapi harus dalam pengawasan orang dewasa, karena dikuwatirkan si baby malah memasukkan busa sabun ke dalam mulut.

Cara buat busa sabun mudah gak pake ribet. Begini caranya.
1. Menyiapkan alat dan bahan. Alat yang di gunakan sebagai tempat busa adalah bak mandi bayi. Adapun bahan adalah air dan sabun mandi cair. Lebih baik menggunakan air anget biar bayi gak menggigil kedinginan.
2. Bak mandi diiisi dengan air anget secukupnya. Kira-kira ketinggian air 5cm.
3. Menuangkan sabun mandi cair ke dalam bak berisi air anget.
4. Mengocok air dengan tangan hingga muncul busa. Jika busa dirasa masih kurang, bisa ditambahkan sabun cair lagi dan kocok lagi.semakin banyak busa, semakin bagus.
5. Memasukkan si anak ke dalam bak yang berisi busa tersebut.
6. Mengenalkan anak dengan busa. Caranya dengan mengambil busa di tangan kemudian menunjukkannya ke anak, dan usahakan anak mau memegang busa tersebut.

Berdasarkan uji coba ke anak saya yang sudah berusia 14 bulan, dia seneng banget. Sampai-sampai tidak mau mentas dari kubangan busa tersebut. Waktu saya paksa angkat, dia nangis tetep pingin mainan busa.

Bermain busa tersebut berfungsi sebagai media belajar balita. Si balita dapat belajar mengenal tekstur benda, dimana dalam hal ini zat cair yang berbentuk busa.

Manfaat kedua, melatih motorik anak. Hal ini karena si balita akan ikut-ikutan memukul-mukul busa agar terjadi percikan busa.

Selain kedua manfaat tersebut, busa sabun tersebut dapat digunakan untuk menarik perhatian si baby yang lagi sulit mandi. 

Yuk dicoba..semoga balitanya bisa lebih cerdas ya.



Share

0 Response to "Bermain Busa, Media Belajar Balita "

Post a Comment

Mulutmu harimaumu. Oleh karena itu jaga komentarmu 😉

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel