Laporan Pelaksanaan Lesson Study

Laporan pelaksanaan lesson study

LAPORAN PELAKSANAAN LESSON STUDY
MATA PELAJARAN BIOLOGI

A.  Hasil Pelaksanaan Lesson Study I
1.    Identitas Pembelajaran
Hari/Tanggal Pelaksanaan              : Rabu/ 5 April 2345
Waktu Pelaksanaan                        :  Jam 10.00-11.30 WIB
Sekolah                                           : SMA xxxxxx
Kelas                                               X-8
Topik                                              : Ekosistem
Guru Model                                    Budi
Dosen Pembimbing                        :  Drs. Wono
Guru Pamong                                 Amrih utami, SPd.
Observer                                         :  1. Idzam . (mahasiswa Biologi)
2. Yuliani (mahasiswa Biologi)
3. Noviana. (mahasiswa Biologi)
4. Utami, SPd. (Guru Pamong)

2.    Tahap Pelaksanaan
a)   Plan (Perencanaan)
Pada tahap ini para guru secara bersama-sama melakukan pengkajian terhadap Kurikulum KTSP, Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), dan menentukan indikator pembelajaran serta tujuan pembelajaran. Selanjutnya guru menetapkan metode dan media pembelajaran. Hasilnya berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilengkapi dengan lampiran berupa alat evaluasi. Berdasarkan hasil pengamatan, perencanaan (Plan) kegiatan Lesson Study di SMA  xxxxx ini berjalan lancar.
b)   Do (Pelaksanaan)
Pelaksanaan (Do) terdiri dari 1 orang sebagai guru model dan 3 orang observer yaitu mahasiswa PPL, dengan ringkasan pelaksanaan sebagai berikut.
(1) Kegiatan Pendahuluan
Guru menyapa siswa dengan salam kemudian menanyakan kabar siswa dan mempresensi siswa yang tidak masuk. Guru memberikan motivasi kepada siswa tentang cara belajar yang baik. Setelah itu, guru mengingatkan kembali pembelajaran pada pertemuan sebelumnya melalui beberapa pertanyaan. Guru memberikan apersepsi berupa pertanyaan yang mengarah ke ekosistem, yaitu “Pernahkah kalian pergi ke sungai? apa sajakah yang kalian temukan?adakah hubungan antara benda-benda yang kalian temukan? berdasarkan pertanyaan tadi, apakah yang akan kita pelajari hari ini?”. Selanjutnya guru menuliskan hal-hal yang gingin dicapai dalam pembelajaran ini di papan tulis. Kegiatan ini dilakukan selama 15 menit..
(2) Kegiatan Inti
Setelah siswa memahami materi yang akan diajarkan pada pembelajaran hari ini, guru menyuruh siswa belajar selama 15 menit melalui LKS serta guru memberi bimbingan secara individual kepada siswa yang belum mengerti. Setelah 15 menit, guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan ekosistem. Siswa mengerjakan secara individu kemudian jawaban dikumpulkan. Selanjutnya guru mengajak siswa untuk membahas pertanyaan yang diberikan oleh guru. Siswa menjawab pertanyaan tersebut secara lisan yang kemudian jawabannya dimantapkan oleh guru dan guru mengembangkan jawaban tersebut kedalam materi sesuai tujuan pembelajaran. Guru juga memberi pertanyaan pengembangan sehingga terjadi interaksi antara siswa dengan guru. Selanjutnya guru menyuruh salah satu siswa menyimpulkan pembelajaran hari ini.
(3) Kegiatan Penutup
Pada kegiatan akhir, guru memberikan tugas kepada siswa untuk pertemuan selanjutnya yaitu tentang materi daur biogeokimia.
c)    See (Refleksi)
Tahap ini adalah tahap di mana guru model melaporkan kegiatan pembelajaran yang baru berlangsung apakah kegiatan pembelajaran tersebut sudah sesuai dengan plan yang telah dibuat atau tidak, serta hasil pengamatan para observer selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Berdasarkan refleksi yang dilakukan, guru model merasa pembelajaran telah sesuai dengan rencana yang dilakukan pada tahap perencanaan (plan).
Kegiatan see selanjutnya yaitu hasil temuan observer selama kegiatan pembelajaran. Berikut ini adalah hasil temuan dari masing-masing observer.
(1)   Hasil temuan Observer 1: Idzam
·      Beberapa siswa belum mengetahui kalau hari ini mempelajari ekosistem. Hal ini karena pada minggu sebelumnya pelajaran libur selama 2 minggu.
·      Siswa belajar melalui membaca LKS setelah diminta oleh guru.
·      Saat dilakukan pretest, beberapa siswa dari kelompok melakukan diskusi. Hal ini menandakan bahwa mereka belum paham. Siswa tersebut yaitu Jalu T, A. Iqbal, Putri A, dan Fani Dwi.
·      Beberapa siswa yang kurang dapatmengikuti pelajaran dengan baik kemungkinan diakibatkan siswa capekdan merasa bosan. Solusi yang sebaiknya dilakukan guru adalah memberikan pertanyaan dan menunjuk beberapa siswa yanng kurang aktif.
·      Usaha guru dalam mendorong siswa untuk belajar sudah baik yaitu dengan menunjuk beberapa siswa yang kurang aktif untuk menjawab pertanyaan. Namun karena kelas yang digunakan adalah kelas besar maka tidak semua siswa yang kurang aktif dapat teramati dan ditunjuk.
·      Pelajaran berharga yang dapat dipetik pada pertemuan hari ini adalah cukup baik apabila siswa diberi pertanyaan/permasalahan terlebih dahulu sebelum dijelaskan dengan demikian ingatan siswa akan lebih dalam terhadap materi hari ini.  
(2)     Hasil temuan Observer 2: Yuliani
·      Belum semua siswa telah belajar pada topik pembelajaran hari ini. Hal ini karena dari 8 siswa yang teramati, 6 siswa terkadang masih melakukan aktivitas lain ketika guru menyuruh siswa untuk membaca LKS.
·      Siswa yang belum dapat mengikuti pelajaran pada saat membaca LKS  yaitu Dicky A, Adang R, Sindi N, Andriani, Intan Nia, Lila.
·      Dicky A dan adang R belum dapat mengikuti pelajaran karena mereka terlihat mengantuk dan perhatian guru terhadap mereka kurang.
·      Usaha guru yang dilakukan untuk mendorong siswa yang kurang aktif untuk belajar adalah dengan menegur siswa untuk belajar.
·      Pelajaran berharga yang dapat diambil dari pembelajaran ini adalah guru memberikan pemantapan materi sehingga siswa menjadi lebih paham.
(3)     Hasil temuan Observer 3: Noviana
·      Belum semua siswa dapat berkonsentrasi. Hal ini ditandai dengan beberapa siswa yang tidak merespon ketika guru bertanya dikelas. Siswa mulai merespon ketika guru menjelaskan topik materi yang akan dibahas dan menyuruh siswa membaca LKS.
·      Dari 8 siswa yang diamati, 6 siswa telah berkonsentrasi dengan baik sedangkan 2 siswa kurang berkonsentrasi dengan baik karena salah satu dari mereka (Galang M. K) tidak memiliki LKS dan mengganggu teman sebangkunya (M. Afandi) sehingga Afandi tidak dapat belajar dengan baik.
·      Galang  M.K. tidak dapat belajar dengan baik karena dia tidak membawa LKS. Pada saat dilakukan pretest, terdapat beberapa siswa yang menyontek di LKS.
·      Usaha guru dalam mendorong siswa yang tidak aktif belajar adalah dengan menanyakan dan menegur siswa tersebut untuk memperhatikan. Selain itu guru juga memberikan penjelasan kepada siswa.
·      Pelajaran berharga pada pertemuan ini adalah pembelajaran ini belum dibagi menjadi kelompok-kelompok, perlu dibagi menjadi berkelompok-kelompok agar konsentrasi siswa dan pembelajaran lebih terarah. Pemantapan penjelasan dari guru dan meminta siswa untuk membaca terlebih dahulu sangat membantu konsentrasi siswa.
(4)     Hasil temuan Observer 4: Utami SPd.
·      Tidak semua siswa benar-benar telah belajar tentang topik pembelajaran hari ini yaitu ekosistem. Mereka belajar setelah diperintah guru untuk membaca LKS.
·      Ada beberapa siswa yang tidak dapat mengikuti pelajaran hari ini dengan konsentrasi penuh.
·      Siswa tersebut tidak belajar dengan baik karena tidak membawa LKS, solusinya belajar kelompok dengan siswa lain yang membawa LKS.
·      Usaha guru dalam mendorong siswa yang tidak aktif untuk belajar dengan memberi pertanyaan  dan tugas untuk dikerjakan.
·      Pelajaran berharga yang dapat dipetik dari pembelajaran hari ini adalah pembagian kelompok-kelompok lebih memusatkan konsentrasi siswa daripadapembelajaran yang tidak berkelompok-kelompok.

 CATATAN PENTING KEGIATAN PEMBELAJARAN
Dari pembelajaran yang telah dilakukan terdapat beberapa catatan penting yaitu berdasarkan hasil diskusi dapat dikemukakan bahwa hampir keseluruhan siswa (80%) sudah melakukan kegiatan belajar sesuai dengan topik. Misalnya pada saat siswa belajar melalui membaca LKS di awal, sedikitnya ada 4 siswa yang bertanya kepada guru tentang materi pelajaran yang belum dimengerti. Kemudian pada saat dilakukan pre test, siswa tampak antusias dalam mengerjakan pertanyaan tersebut. Antusias siswa terhadap pelajaran tampak pada saat guru membuka pertanyaan untuk membahas soal pre test. Hal ini ditandai dengan banyaknya siswa yang berlomba-lomba untuk menjawab pertanyaan. Pertanyaan guru yang berkembang dari pertanyaan pre test juga mendapat jawaban yang baik dari siswa. Hampir 50 % siswa aktif dalam menjawab. Siswa tersebut antara lain 

1.      Galang M. K.
2.      Fani Dwi A.
3.      Adang Ramadhan,
4.      Yani Arining T.Y.
5.      Yani Nur R.
6.      Susi Susanti
7.      Kholifatul K.H.
8.      Andri Witono
9.      Jalu Tanaya W.
10.  Andriani Dwi P.
11.  Sherly Rosalia A.
12.  Sindi Nunuk K.
13.  Angela Putri D.
14.  Irvan Dwi J.N.
15.  Robbi Firmansyah
16.  Dinia Panji
17.  M. Aminanto
18.  M. Afandi Rahman
19.  Prasetyo Wimar E.
Beberapa siswa yang lain juga memperhatikan walaupun tidak menjawab pertanyaan dari guru. Namun demikian, konsentrasi siswa tidak dapat penuh selama pembelajaran. Siswa terkadang memperhatikan penjelasan guru namun adakalanya siswa melakukan aktifitas sendiri dan siswa terkadang tampak jenuh dan bosan. Siswa tersebut antara lain:
1.      Galang M. K. yang terkadang tidak berkonsentrasi karena tidak memiliki LKS dan sering mengganggu teman-teman yan lain, namun akhirnya dia bergabung dengan teman sebangkunya.
2.      Rise Risanda yang melakukan aktivitas sendiri menggambar pada kertas.
3.      Putri Ayu yang terkadang berbicara dengan teman sebangkunya (Fani).
4.      Jalu tanaya terkadang tiduran ketika guru menjelaskan.
5.      Sherly terkadang bermain pensil.
6.      Adang Ramadhan dan Dicky Wahyu C. yang duduk dibelakang terlihat mengantuk pada saat penjelasan.


NB: Dalam tulisan tersebut tercantum nama seseorang yang berfungsi sebagai contoh saja tanpa ada unsur ingin menghina, mengejek, membenci, dan merendahkan. Jika ada kesamaan nama, mohon bisa memaklumi.
Share

0 Response to "Laporan Pelaksanaan Lesson Study"

Post a Comment

Mulutmu harimaumu. Oleh karena itu jaga komentarmu 😉

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel