Lembar Kegiatan Siswa: Praktikum Ekosistem
Apalagi ini materi tentang ekosistem, jadi siswa harus benar-benar dihadapkan dengan ekosisten yang sebenarnya dan kalau bisa ekosistem alami, bukan buatan manusia misalnya akuarium.
Dengan adanya kegiatan belajar di luar ruangan seperti ini, diharapkan dapat mempertajam belajar siswa karena langsung berinteraksi dengan alam.
Meskipun belajarnya sambil bermain, tapi harus tetap ada persiapan, minimal bawa Lembar Kegiatan Siswa, yang berisi langkah-langkah kegiatan pengamatan ekosistem. Dengan adanya petunjuk kegiatan ini, diharapkan dapat meringankan tugas bapak ibu guru. Silahkan di copi dan di cetak kemudian dibagikan ke siswa. Kalau perlu edit ulang, silahkan di edit.
Meskipun belajarnya sambil bermain, tapi harus tetap ada persiapan, minimal bawa Lembar Kegiatan Siswa, yang berisi langkah-langkah kegiatan pengamatan ekosistem. Dengan adanya petunjuk kegiatan ini, diharapkan dapat meringankan tugas bapak ibu guru. Silahkan di copi dan di cetak kemudian dibagikan ke siswa. Kalau perlu edit ulang, silahkan di edit.
Judul: Praktikum Ekosistem
Tujuan Pembelajaran
Melalui
kegiatan praktikum, peserta didik dapat:
- menghitung kepadatan makhluk hidup dalam suatu ekosistem dengan benar
- menentukan komponen biotik dengan benar
- menentukan komponen abiotik dengan benar
- membuat rantai makanan dengan benar
Alat dan Bahan
- Rafia ukuran 1 meter 4 buah
- Alat tulis
Langkah kegiatan
- Sediakan alat dan bahan yang diperlukan!
- Sambungkan ujung rafia satu dengan ujung yang lain hingga ke empat rafia saling tersambung!
- Carilah suatu ekosistem (sawah, kebun, sungai, laut, danau, dll)!
- Letakkan rafia yang sudah tersambung di atas ekosistem yang kalian pilih menjadi bentukan segi empat!
- Catatlah individu yang ada dalam segi empat tersebut. Masukkan hasilnya ke dalam tabel!
- Hitunglah jumlah individu yang sudah kalian catat. Masukkan hasil perhitungan dalam tabel!
- Buatlah persentase jumlah setiap indvidu. Tulis dalam analisis hasil pemgamatan!
Tabel Hasil Pengamatan
No
|
Nama
Individu
|
Jumlah
individu
|
Persentase
individu
|
1.
2.
3.
dst
|
|||
Jumlah
semua individu
|
Pertanyaan Diskusi
a. Organisme
apa yang paling banyak dalam ekosistem tersebut? Mengapa demikian?
b. Berdasarkan
hasil praktikum yang kalian lakukan, tentukanlah:
- Organisme yang berperan sebagai produsen, konsumen, dan pengurai!
- Komponen abiotik dalam ekosistem tersebut!
- Buatlah rantai makanan dari individu/organisme yang kalian temukan jika memungkinkan!
Wuih keren ki pak guru jasmito...monggo dishre LKS yang lainnya....
ReplyDeleteMatoh jaya.
ReplyDeleteSuwun kang
Delete