Penyebab Pendidikan di Indonesia Sulit Berkembang (Part 1)

Penyebab Pendidikan di Indonesia Sulit Berkembang (Part 1)

Selamat berkunjung di blog saya, kawan. Kali ini saya mau menyampaikan buah pikir saya tentang esensi pendidikan yang berlaku di Indonesia ini. Heeheee.... Sok sok an kayak menteri saja ngomongin esensi pendidikan.

Kalau saya bandingkan sekolah sekarang dengan jaman saya sekolah dulu kok kayaknya tidak begitu banyak perubahan signifikan cara guru mengajar. Tetap yang dominan adalah gaya khutbah alias ceramah. Guru yang sama mengajarkan materi dari tahun ke tahun sama saja. Meski siswa sudah berubah tiap tahunnya.

Lalu apa fungsi perubahan kurikulum yaaa.. Jadi mikir mikir lagi ni.

Padahal kalau kurikulum 2013 ini, sudah didesain bahwa setiap mapel itu ada nilai sikap, pengetahuan, ketrampilan. Tapi kok ya sama saja, yang dilakukan guru lebih mengutamakan nilai pengetahuan dan sikap. Untuk penerapan mengajar dengan pendekatan yang mengasah keterampilan sangat-sangat minim.

Banyak alasan atas hal tersebut yang pernah saya dengar sendiri dari guru.

Salah satu alasannya, pelaksanaan pembelajaran dengan metode yang mengasah ketrampilan membutuhkan waktu yang lama, sehingga dikhawatirkan banyak materi yang tertunda dan tidak selesai sampai akhir semester.

Memang kalau dilihat, muatan materi yang tercakup dalam kompetensi dasar sangat banyak. Belum lagi dalam pelaksanaannya, akan ada waktu efektif berubah menjadi fakultatif.

Emmm... Berarti dimana letak permasalahan pendidikan di Indonesia? Kurikulum sudah oke dalam hal substansi. Tapi pendampingan implementasi yang masih minim. Bagaimana seorang guru bisa benar-benar paham dengan konsep kurikulum kalau pendampingan minim. Alih-alih menerapkan, paham saja tidak. Hikzz...

Kalau terus begini, bagaimana ya nasib aanak bangsa di masa depan. Tetap kalah bersaing dengan negara lain? MUNGKIN...

Tapi semoga tidak.
Share

0 Response to "Penyebab Pendidikan di Indonesia Sulit Berkembang (Part 1)"

Post a Comment

Mulutmu harimaumu. Oleh karena itu jaga komentarmu 😉

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel