Bingung Milih Jurusan Waktu Kuliah? Simak Tips Berikut!

Bingung milih jurusan waktu kuliah? Jangan khawatir bro n sis. Saya mau berbagi tentang pengalaman saya ambil jurusan waktu mau daftar kuliah dulu. Biar tidak ada yang terjerumus dalam pilihan jurusan yang tidak tepat, sehingga berujung pada penyesalan dan berpengaruh pada jenjang karir anda.
Bingung milih jurusan waktu kuliah? Simak tips berikut
(Ilustrasi bingung milih jurusan kuliah: arumsilviani.com)

Tips tentang milih jurusan ini juga berdasarkan pengalaman teman-teman kuliah yang menyesal dengan jurusan yang pernah diambil, sehingga ilmunya tidak ada yang diterapkan dalam dunia kerja mereka saat ini.

Beberapa teman yang mengaku salah jurusan, sekarang sudah masuk dalam dunia kerja, namun kerjaannya tidak sesuai dengan ijazah kuliah. Kerjaan saat ini lebih berhubungan dengan hobi, minat, bakat, passion. Alhasil mereka mengalami sedikit penyesalan mengapa tidak mengambil jurusan yang sesuai dengan hobi, minat, bakat, dan passion mereka.

Sebelum datang rasa bingung milih jurusan waktu kuliah, yuk di intip tips dari saya siapa tahu membantu kesuksesan anda.

Bingung milih jurusan waktu kuliah

Pertama, kenali hobi, bakat, minat, dan passion anda.

Anggap saja keempat hal tersebut satu point. Saya sebut passion. Meski aslinya beda, anggap saja sama biar tidak terlalu panjang nyebutnya.


Penting sekali bagi seorang siswa yang sudah kelas XII SMA, MA, SMK mengenali passion mereka di bidang apa. Kalau SMK kemungkinan passion sudah terbentuk waktu SMK dan sesuai dengan jurusan yang diambil. Namun adakalanya jurusan tidak sesuai minat sesungguhnya karena waktu ambil jurusan masih terpengaruh teman, orsng tua, dll.

Lha.. Ini kesempatan menata semuanya lagi bro n sis, jangan sampai ambil jurusan tidak sesuai minat. Anda bakal tersiksa nantinya. Ciee elaah, bahasanya kayak menakutkan saja, tersiksa. Haahahaa... Maksud saya sebelum menyesal lagi.

Sekarang coba merenung, mendalami, berpikir tentang passion anda. Jika anda bingung, coba dicari kegiatan yang membuat anda nyaman untuk melakukannya. Melakukan kegiatan tersebut seolah lupa waktu, tidak ada rasa capek dalam melakukannya, anda bisa berjam-jam melakukan kegiatan tersebut. 

Jika sudah ketemu passion anda, tinggal pilih jurusan yang berhubungan dengan passion anda. Misalnya passion anda adalah menyanyi, maka bisa memilih jurusan kuliah kesenian atau pendidikan seni (pendidikan berarti arahnya menjadi guru). Kemungkinan jurusan kuliah tidak bisa sama persis dengan passion anda, jadi solusinya adalah mencari jurusan yang paling berhubungan dengan passion anda.

Kedua, minta pertimbangan orang tua.

Orang tua sangat berperan dalam menentukan apa yang akan anda tempuh, termasuk jurusan kuliah. Cara menyampaikan niat anda untuk meminta pertimbangan tentang jurusan yang akan anda ambil sebagai berikut. 

Sampaikan dulu tentang passion anda, yang penting passion anda bukan hal yang buruk dan anda harus yakin bahwa passion anda akan bisa jadi pegangan anda terutama yang berhubungan dengan pekerjaan di kemudian hari setelah lulus. Sebagian besar orang kuliah, memiliki tujuan agar mudah dalam mendapatkan kerjaan.

Setelah menyampaikan tentang passion anda, baru anda jelaskan bahwa anda akan memilih jurusan yang banyak berhubungan dengan passion anda tersebut. Pertimbangan orang tua merupakan do'a bagi anda, namun kalau orang tua saya dulu membebaskan saya dalam mengambil jurusan kuliah.

Ketiga, jangan ambil jurusan karena alasan ikut teman.

Lha ini, yang sering dilakukan anak SMA sederajat dalam menentukan langkah kuliah. Sering ikut-ikutan, apalagi kalau punya semacam kelompok atau geng, inginnya mengikuti teman dalam mengambil jurusan, biar bisa tetap bareng kuliahnya. Dunia gak sesempit itu bro n sis, kuliah mungkin bisa bareng, tapi apakah passion anda sama? Kalau gak punya minat sama mending abaikan saja dengan jurusan teman.

Keempat, berdo'a dan berserah diri pada Allah.

Jelas lah, tahap terakhir adalah do'a dan tawakal atau berserah diri atas keputusan Allah. Sekuat apapun usaha anda, hasil tetap milik Allah.

Sampai disini bahasan saya tentang tips memilih jurusan waktu kuliah. Selamat mencoba.
Share

0 Response to "Bingung Milih Jurusan Waktu Kuliah? Simak Tips Berikut!"

Post a Comment

Mulutmu harimaumu. Oleh karena itu jaga komentarmu 😉

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel