Tips Berkendara yang Aman Saat Bepergian

Bagi anda yang ingin bepergian dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik itu mobil dan sepeda motor, harus benar-benar mempersiapkan segala hal yang mendukung keselamatan. Berikut ini saya tulis tips berkendara yang aman. Terutama bagi anda yang akan berkendara jarak jauh, wajib perhatikan ini ya.
Berkendara yang aman
(Ilustrasi berkendara yang aman: mhdimran.blogspot.com)


Berkendara yang aman perlu melakukan pengecekan mesin secara berkala.


Melakukan pengecekan mesin semestinya dilakukan secara rutin dan berkala. Dengan adanya pengecekan, bisa antisipasi kerusakan. Atau bisa mengetahui bagian mana yang sudah aus dan perlu segera diganti.

Berkendara yang aman perlu melengkapi kelengkapan lalu lintas.


Kelengkapan lalu lintas yang sangat penting adalah Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Surat Ijin Mengemudi (SIM). Kedua surat tersebut sangat penting terutama kalau ada operasi lalu lintas.  Kalau tidak punya, siap² kena tilang.

Selain dua surat tersebut, atribut kendaraan juga perlu diperhatikan. Spion, ban, knalpot, reting, lampu harus dalam kondisi standar dan tanpa modifikasi. Jangan lupa gunakan helm.

Berkendara yang aman perlu menjaga kondisi fisik.


Saat berkendara, anda harus memperhatikan kondisi fisik. Ketika sakit yang membahayakan keselamatan saat berkendara, usahakan jangan mengendarai kendaraan. Misalnya lagi sakit kepala parah, munyeng, sakit linu anggota gerak yang parah, dll. Saat berkendara menggunakan sepeda motor, sebaiknya juga menggunakan pelindung dada untuk menjaga tubuh baik jangka panjang. Tekanan udara dapat membahayakan paru-paru dalam jangka waktu lama. Selain itu juga perlu kelengkapan masker untuk mengurangi masuknya polutan ke dalam tubuh.

Berkendara yang aman perlu menjaga kondisi emosi.


Di kota-kota besar atau di daerah destinasi wisata, biasanya tingkat kemacetan tinggi. Terutama di jam-jam berangkat dan pulang kerja. Ketika jam berangkat kerja (kisaran jam 07.00 - 08.00), pengguna kendaraan seolah berebut jalan agar tidak telat sampai tempat kerja. Saling salip tanpa peduli jalur. Klakson pun berbunyi ketika ada kendaraan yang dianggap menghambat. Kondisi seperti ini menimbulkan ketegangan emosi saat berkendara pagi. Sebaiknya, saat berkendara, jangan sampai emosi tegang karena bisa memicu pertengkaran di jalan, bahkan kecelakaan. Kalau saya pribadi, memilih berangkat lebih pagi atau mencari jalur alternatif yang tidak terlalu padat kendaraan.
Share

0 Response to "Tips Berkendara yang Aman Saat Bepergian"

Post a Comment

Mulutmu harimaumu. Oleh karena itu jaga komentarmu 😉

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel