Lakukan Hal Ini untuk Persiapan Mudik

Mudik? Asek-asek. Heehee... Jangan seneng dulu ya denger mudik. Ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan saat mau mudik. Dan tentunya, persiapan mudik jangan dianggap remeh ya kawan.

Persiapan mudik


Mudik merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu bagi mereka yang berada di luar kota, apalagi bagi perantau seperti saya. Jauh dari kampung halaman menjadi pemicu kangen yang wajib diobati ketika musim mudik. Misalnya saat tanggal merah, perayaan hari besar agama seperti idul fitri, idul adha. Harus mudik! Itu dalam hati si, meski kenyataannya kadang harus menunda mudik lebaran karena beberapa hal.

Kalau saya sekarang yang punya anak kecil (balita) dua anak. Repot rasanya kalau mau mudik baik itu menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Lha wong jalannya sama² macet. Kasihan kalau bawa anak kecil kena macet. Mandi keringat dan debu. Waaalaaahh piye kok iso mandi debu? Tayamum jadinya. Wkkk...

Sebenarnya bisa si disiasati, kalau mudik ya jangan di hari dimana banyak yang mudik. Masalahnya, belum libur kerja. Maklum, jadi babu di negeri perantauan. Jadwal mengikuti juragan tentunya.

Mau mudik kok mbulet wae? Haahaaa

Ya sudah, mudik gak mudik penting baca tulisan saya ini ya.

Bagi kalian yang mau mudik, harus perhatikan langkah-langkah sebagai bentuk persiapan mudik. Biar perjalanan lancar jaya. Sampai rumah dengan selamat, begitu juga waktu balik.

Rencanakan mudik jauh-jauh hari


Rencanakan mudik jauh² hari
Ini ni yang jarang diperhatikan bagi mereka yang mau mudik. Apalagi yang kerja ikut orang, tapi tidak punya kalender kerja. Liburnya dadakan menjelang libur. Waahh ini yang bikin jengkel.

Bagi kalian yang kerja dengan kalender kerja, atau yang wirausaha mandiri, bisa enak dalam membuat perencanaan mudik. Mau mudik kapan aja bebas² aja.

Buat note keperluan yang dibutuhkan


Hal-hal yang perlu dimasukkan ke note antara lain mau mudik kemana saja, berapa hari, naik apa, bawa bingkisan apa, butuh uang berapa, mau sama siapa, dll. Usahakan benar² dicatat biar tidak ada yang kelewat.

Siapkan kondisi fisik


Kondisi fisik yang sehat menjadi penentu kelancaran mudik. Coba aja mudik waktu sakit. Pasti gak nyaman banget. Pinginnya ngamuk aja apalagi waktu perjalanan macet. Kondisi badan yang gak fit juga bisa menjadi pemicu kecelakaan kalau mudiknya pakai kendaraan pribadi.

Kondisikan rumah yang mau ditinggalkan


Hal-hal yang perlu dikondisikan saat meninggalkan rumah dalam kondisi kosong adalah listrik, kompor, kunci rumah, air. Pastikan tidak ada yang nancap pada steker listrik, misalnya charger HP, magic com, dlsb. Cabut kompor dari tabung gas. Kunci rumah kalau perlu didobelin aja. Dikunci yang biasa dan digembok. Periksa saluran air, kalau menggunakan PDAM bisa langsung meng-off-kan.

Itu tadi tips dari saya untuk persiapan mudik. Happy mudik yaaa...
Share

1 Response to "Lakukan Hal Ini untuk Persiapan Mudik"

Mulutmu harimaumu. Oleh karena itu jaga komentarmu 😉

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel